Jangan Buang Nasi Sisa Semalam!! Dibikin Jadi Kerupuk Saja yuk! Begini Cara Membuatnya..

Untuk yang punya persediaan nasi yang gak habis di bikin kerupuk nasi saja deh agar tidak mubazzir. Bumbunya cuma bawang putih, ketumbar sangrai, ebi (udang kering) dan garam. Nasi (biarpun sudah agak membau) dimasukkan ke lemari es dulu.
Jangan Buang Nasi Sisa Semalam!! Dibikin Jadi Kerupuk Saja yuk! Begini Cara Membuatnya..

Resep Kerupuk Nasi

Bahan :
  • Nasi
  • Tepung Tapioka
  • Bumbu Halus: Bumbunya ketumbar yang disangrai bawang putih ebi dan garam, tapi ebinya yang agak besar ukurannya, banyak yang sebut udang kering.

Cara Membuat Kerupuk Nasi :

Kalau nasi dari kulkas kukus sebentar.
Terus campur dengan bumbu halus dan tambh sedikit tepung tapioka (fungsinya hanya sebagai perekat) campur rata sambil ditumbuk (biar nasi agak halus).
Setelah itu bentuk bulat lonjong bungkus dengan cling wrap atau alumunium foil kukus lagi sebentar angkat dinginkan simpan dalam freezer sampai setengah beku.
Kemudian potong-potong dan jemur sampai kering maksimal.
Jika sudah kering, siap digoreng 

Krupuk Nasi Resep 2

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
  • 750 gram nasi nasi sisa, kalau nasi sisanya tidak cukup bisa menggunakan nasi baru.
  • 3 sendok teh bubuk bawang putih.
  • 1,5 sendok teh bubuk ketumbar.
  • Garam, terasi serta Ebi sesuai selera.
  • Bisa ditambahkan sedikit cabai atau gula agar terasa lebih enak.
Cara membuat:

Campurkan semua bumbu. Agar mudah tercampur,beri sedikit air kemudian aduk hingga rata.
Tuangkan semua bumbu yang telah tercampur tadi diatas nasi. Aduk kembali hingga merata sempurna
Apabila bumbu dan nasinya sudah tercampur sempurna, kukus diatas api sedang selama 10 meni atau kira-kira adonan tersebut telah lunak atau tanak, jangan lupa untuk sesekali mengaduknya agar tanaknya merata.

Jika sudah tanak, angkat adonan tersebut. Kemudian uleg atau haluskan menggunakan ulegan atau munthu (ulegan atau muntu adalah barang yang terbuat dari batu atau kayu bentuknya seperti piring dan mortal yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk menghancurkan atau menghaluskan bumbu masakan) Penggunakan ulegan inilah yang membuat cita rasa krupuk nasi semakin gurih,lezat dan yummy. Jika bunda tidak memiliki munthu atau ulegan bunda bisa menggunakan mixer untuk menghaluskannya.

Apabila adonan telah halus, letakkan adonan diatas plastic kemudian giling menggunakan alat penggiling atau bisa juga menggunakan sisi dari botol bersih dengan cara digilis. Apabila menggunakan tutup botol bersih lapisi dengan plastic dan beri sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket pada botol tersebut.

Letakkan adonan yang telah ditipiskan atau digiling di atas tampah ataupun nampan

Jemur dibawah terik matahari agar menghilangkan kadar air yang ada di dalam adonan hal ini bertujuan untuk mencegah kerupuk mudah ditumbuhi jamur yang menyebabkan kerupuk mentah mudah rusah
Setelah benar-benar kering, bisa langsung digoreng dengan menggunkan api panas agar kerupuk dapat mengembang sempurna dan terasa  gurih, lezat dan yummy.

Bagaimana bunda dengan resepnya? Cukup mudah bukan? Selain cara membuatnya mudah, dan dapat memanfaatkan nasi sisa kerupuk nasi yummy juga sangat aman di konsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya.

Dan demikianlah artikel yang telah sahabat baca semoga memberikan banyak manfaat bagi sahabat, dan jika sahabat merasa artikel kami bermanfaat bagi sahabat dan para pembaca lainnya ,Semoga bermanfaat ya, Silahkan share dan like...

DAN JANGAN LUPA UNTUK BERBAGI BIAR BERMANFAAT