PENTING! Jangan Remehkan Kesemutan! Bisa jadi Itu Adalah Gejala Penyakit Serius! Ini Penjelasannya...

Anda pasti pernah merasakan apa yang disebut kesemutan, kesemutan atau dalam bahasa medis disebut paresthesia adalah sensasi tidak nyaman atau menusuk-nusuk yang biasanya dirasakan di tangan atau kaki.
PENTING! Jangan Remehkan Kesemutan! Bisa jadi Itu Adalah Gejala Penyakit Serius! Ini Penjelasannya...

Ternyata, penyebab kesemutan tidak hanya karena adanya tekanan pada saraf. Bahkan ada kalanya kesemutan menjadi gejala dari penyakit yang lebih berbahaya. Oleh karena itu jangan remehkan kesemutan dan pelajari penyebabnya!

Beberapa penyebab kesemutan:

1.Tekanan pada saraf dan Suplai darah berkurang pada bagian tubuh yang tertekan saat dalam posisi duduk atau berbaring

2.Hiperventilasi

Yakni keadaan napas yang berlebihan akibat kecemasan yang mungkin disertai dengan histeria atau serangan panik

3.Pengaruh zat beracun pada saraf, seperti alkohol atau semacamnya

4.Diabetes

Kesemutan juga bisa menjadi gejala diabetes. Biasanya semakin lama menjadi penderita diabetes, semakin tinggi kemungkinan kesemutan muncul. Yang  dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, kesemutan diujungnya terus menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.

5.Multiple sclerosis

Yakni penyakit yang menyerang sistem saraf pusat, tepatnya otak dan sumsum tulang belakang.

6.Hypothyroidism (gangguan pada kelenjar tiroid atau sering disebut gondok)

7.Transient Ischemic Attack (disingkat TIA yaitu gangguan fungsi otak yang terjadi akibat berkurangnya aliran darah ke otak untuk sementara waktu)

8.Stroke

Paresthesia dapat juga tanda adanya stroke ringan. Biasanya disebabkan sumbatan pada pembuluh darah di otak, gejala ini berlangsung beberapa menit atau kurang dari 24 jam. Kondisi seperti ini harus ditangani supaya tidak berkembang menjadi stroke berat.

9.Serangan virus

Kesemutan juga bisa terjadi akibat adanya radang sumsum tulang belakang yang terjadi karena infeksi virus, biasanya virus cytomegalovirus. Pada orang dewasa, kadang-kadang kesemutan ini didahului oleh flu berat. Kesemutan semakin menghebat, naik dari ujung jari menjalar sampai ke pusar. Gejalanya berkembang menjadi rasa kebal. Lalu penderita sukar berjalan.

10.Faktor usia

Gejala kesemutan juga umum terjadi pada para lansia penderita rematik. Dalam hal ini, saraf terjepit bukan akibat tertekan melainkan sendi di pergelangan tangan yang berubah bentuk karena faktor usia.

11.Kurang vitamin pada anak

Anak-anakpun dapat terserang gangguan kesemutan ini. Namun bila suatu kali anak mengeluh kesemutan pada jari-jari dan terus merambat ke atas, besar kemungkinan itu hanya akibat kekurangan vitamin.

Demikianlah artikel yang telah sahabat baca semoga memberikan banyak manfaat bagi sahabat, dan jika sahabat merasa artikel kami bermanfaat bagi sahabat dan para pembaca lainnya ,Semoga bermanfaat ya, Silahkan share dan like...

Mohon bantu share ya, agar orang lain bisa mendapatkan manfaat dari info ini