Apakah Benar Warna Merah di Sudut Kemasan Pasta Gigi Berbahaya?

Pernahkah Anda memperhatikan ada gambar kotak kecil berwarna di sudut kemasan pasta gigi Anda? Warna yang ada disana bisa berupa hijau, biru, merah, atau hitam.


Banyak yang menganggap kalau simbol kecil itu merupakan kode rahasia yang memberitahukan seberapa beracun bahan-bahan pembuat pasta gigi itu. Sudah banyak pula artikel di dunia maya yang menyebutkan setiap warna mengindikasikan seberapa banyak bahan kimia yang ada di pasta gigi itu.

Teori tersebut mengatakan, kalau warna yang muncul adalah hijau itu artinya bahan pasta gigi yang digunakan benar-benar alami. Warna biru berarti komposisi pasta yang digunakan adalah kombinasi antara bahan alami dengan obat-obatan. Sementara warna merah berarti bahan alami dicampur dengan bahan kimia dan hitam sama dengan semua bahan yang dipakai adalah kimia.

Tapi, sebelum Anda berlari ke kamar mandi dan mengecek kemasan pasta gigi yang Anda gunakan, Anda harus tahu kalau semua itu hanya mitos.
Menurut laman The Sun, kotak kecil berwarna itu sebenarnya adalah bagian dari proses pengemasan di pabrik yang disebut dengan 'tanda mata'.

Informasi tersembunyi di dalam wara itu dibaca oleh sensor cahaya yang memberi tahu mesin berkecepatan tinggi di mana mereka harus memotong dan melipat.

Meski begitu, tidak ada jaminan apakah pasta gigi Anda mengandung sesuatu yang membahayakan atau tidak. Namun, jika Anda merasa khawatir, cara terbaik adalah dengan membaca labelnya. Sayangnya, warna kecil di sudut itu tidak mengandung informasi apa-apa.